Saturday, March 12, 2011

BICARA LEMBUT, BICARA LAMBAT Hakim-Hakim 7:24–8:3

Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman. —Amsal 15:1

John Wayne, seorang aktor dan bintang film terkenal Amerika, pernah berkata, “Bicara lembut, bicara lambat, dan jangan bicara terlalu banyak.” Nasihat Wayne ini sulit saya ikuti karena saya cenderung berbicara cepat dan saya tidak selalu berbicara dengan tenang ataupun membatasi perkataan saya. Meskipun demikian, pendapat tentang mengendalikan perkataan ini dapat bermanfaat ketika kita berhadapan dengan amarah. Alkitab mengatakan bahwa kita haruslah “lambat untuk berkata-kata” (Yak. 1:19), dan bahwa “jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman”(Ams. 15:1).

Gideon memberikan jawaban yang lembut sewaktu berdebat dengan sejumlah orang Israel lainnya (Hak. 8). Segera setelah bala tentaranya mengalahkan bangsa Midian, sekelompok orang sebangsanya mengecam Gideon dengan tajam (ay.1). Mereka marah karena tidak dilibatkan dalam peperangan. Namun, Gideon tidak membalas mereka dengan tanggapan yang kasar. Sebaliknya, ia mengingatkan bahwa mereka telah menangkap dan menumpas kedua raja Midian. Ia juga memberikan penghargaan kepada orang-orang itu dengan berkata, “Apa yang telah dapat kucapai, jika dibandingkan dengan kamu?” Akhirnya, “redalah marah mereka terhadap dia” (ay.3).

Dengan pertolongan Tuhan, kita dapat memadamkan situasi-situasi yang memanas dengan cara mengendalikan perkataan kita. Menanggapi orang yang marah dengan hati-hati dan perkataan yang lembut dapat menghasilkan kesatuan, bagi kemuliaan Allah. —JBS

Tuhan, jagalah bibirku,
Kendalikanlah lidahku hari ini,
Tolonglah aku untuk menilai tiap pikiran
Dan menjaga tiap kata yang kuucapkan. —Hess
Gigitlah lidahmu sebelum
lidahmu menggigit orang lain.


轻声慢语 读经: 士师记7章24节-8章3节

金句:「回答柔和,使怒消退。」 (箴言15章1节)

美国著名演员约翰•韦恩曾说:「说话要轻声、慢语、寡 言」。他的这句忠告对于快人快语的我来说,实在是太难了。然而,但我们心生怒气时,这个要控制言语的念头就变得格外重要。圣经说我们应该「慢慢地说」(雅 各书1章19节),也 说「回答柔和,使怒消退。」(箴言15章1节)

有一次,基甸在面对以色列同胞的抨击时,心平气和地回应(士师记8章)。当以色列军队打败米甸人之后,一群同胞斥责基甸(1节)。他们因错过了这场战争的主要战役,而忿忿不平。但是基甸并没有恶言相向,相反地,他提醒同胞们,在这场胜仗中他们擒了米甸王子,基甸也赞扬他们, 说:「我所行的岂能比你们所行的呢?」最后,「以法莲人的怒气就消了。」(3节)

No comments:

Post a Comment